Diberdayakan oleh Blogger.

Foto Keluarga Berbatik


I. LATAR BELAKANG :


Kini masyarakat sudah banyak yang menjadikan batik sebagai pakaian keseharian. Dan semakin banyak pula lembaga, organisasi maupun perusahaan, yang memakai batik sebagai seragam. Peran serta masyarakat tersebut, sangatlah berpengaruh dan berjasa dalam pesatnya perkembangan batik di Indonesia seperti saat ini. Untuk itu mereka sudah selayaknya mendapat penghargaan. Baik dari pemerintah atau pihak yang memberikan perhatian khusus bagi para pecinta batik. Digelarnya “Lomba Foto Keluarga Berbatik” ini, merupakan sarana untuk memberikan kriteria khusus kepada masyarakat pecinta batik, yang nantinya akan menerima Penghargaan “Keluarga Pecinta Batik“ pada program Art Development & Herttage Indonesia (A D H I Management ).


Adapun keunikan dalam “Lomba Foto Keluarga Berbatik” yaitu :

  1. Panitia akan mendirikan puluhan bahkan sampai ribuan “Posko Keluarga Pecinta Batik” yang tersebar diperkampungan, sekolahan, kampus hingga perkantoran. Dimana posko tersebut juga kami lombakan secara poling oleh 500 juri atau team penilai.

  1. Bagi anggota posko yang mau aktif memanfatkan sebagai ajang bisnis, bisa mendapatkan keuntungan juta rupiah, karena “Posko Keluarga Pecinta Batik” memiliki fungsi ganda sebagai “Mini Gallery & Workshop” dalam jangka waktu yang tidak terbatas pada acara ini saja.


  1. Peserta boleh melakukan kampanye untuk mendapatkan dukungan sms terbanyak. Untuk itu panitia berani menyediakan 10 lembar poster bagi tiap peserta bertuliskan PILIH KELUARGA KAMI disertai foto, nomor peserta, dan nama keluarga/ perusahaan/ sekolahan/ organisasi. Disamping itu kami berharap ada peserta yang berani memasang baliho, spanduk atau bener dalam berkampanye. Agar sensasional, greget dan meriahnya acara bisa tercipta sulit terlupakan. Serta mampu memunculkan fenomena gerakan cinta batik yang merakyat.


  1. Panitia menciptakan Rekor Muri dalam bentuk benner terpanjang, atau baliho berukuran raksasa, yang memuat foto - foto para peserta lomba “Keluarga Berbatik” dan para sponsor. Untuk dijadikan background panggung raksasa pada acara Konser Malam Penganugrahan.

  2. Disepanjang hari dari persipan dan pada suasana lebaran nanti, Solo sebagai kota batik, akan dimeriahkan adanya pos – pos Keluarga Pecinta Batik hasil kreasi masing-masing peserta, lengkap dengan foto - foto para keluarga pecinta batik yang mendapat penganugerahan penghargaan.



II. TUJUAN DIADAKAN LOMBA FOTO KELUARGA BERBATIK :


  1. Batik telah ditetapkan sebagai “Warisan Budaya Milik Bangsa Indonesia” oleh UNESCO, terhadap lembaga dunia tersebut kami ingin memberikan ungkapan rasa terimakasih. Sekaligus ingin menunjukkan dimata dunia, bahwa melalui Budaya Berbatik, juga mampu menciptakan persatuan dan perdamaian dalam kehidupan berbangsa maupun bermasyarakat.

  1. Untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga, maupun keharonisan dilingkup pekerjaan/ perusahaan, lembaga, organisasi, sekolahan-kampus dan keharmonisan hubungan antar sesama masyarakat luas.


  1. Meningkatkan bentuk kreatifitas dalam melestarikan batik dan seni budaya lainnya, agar masyarakat semakin banyak yang tertarik untuk terlibat aktif maupun berani memunculkan ide-ide kreatifnya.


  1. Dalam event ini kami tidak hanya mengajak para perusahaan batik atau perusahaan non batik untuk sekedar berpartisipasi dalam melestarikan budaya batik, melainkan bagi perusahaan yang terlibat aktif bisa mendapatkan keuntungan atau manfaat besar dari segi pemasaran dan promosi, maupun dalam upaya membangun citra baik dimata masyarakat.


  1. Demikian juga dimasa sulitnya perekonomian ini, kami tidak hanya sekedar mengajak masyarakat luas untuk turut berpartisipasi dalam melestarikan budaya batik saja. Melainkan juga kami justru ingin memberi pekerjaan sampingan atau memberi pemasukan uang yang cukup besar, kepada masyarakat luas yang mau terlibat sebagai peserta aktif.


  1. Disamping itu, melalui acara ini kami juga akan membuka lapangan kerja, yang mampu menampung puluhan bahkan sampai ratusan tenaga kerja. Baik sebagai staff inti maupun crew freeland sesuai bidang masing-masing.


  1. Menampilkan atau memperkenalkan para keluarga pengusaha batik beserta perusahaannya, dan perusahaan-perusahaan non batik, serta para keluarga pejabat - tokoh yang turut peduli terhadap pelestarian batik. Kepada masyarakat luas, khususnya generasi muda, agar peran sertanya dapat dijadikan contoh, panutan - tauladan.



III. PELAKSANAAN ACARA :


        1. Pooling SMS :

    • Mulai Tanggal : 8 Juli s/d 18 September 2010.

    • Pengumuman Juara : 18 September 2010.

    1. Konser Malam Penganugerahan & Halal Bihalal Masyarakat Pecinta Batik

    • Tanggal : 18 September 2010.

    • Jam : 19.00 sampai selesai.

    • Tempat : Stadion Sriwedari Solo.



IV. SYARAT – SYARAT PESERTA


    1. Terbagi 5 kategori lomba, dan terbuka bagi masyarakat Indonesia, serta bagi masyarakat pecinta batik di luar negeri/ internasional.


    1. Terdaftar sebagai peserta lomba dengan mengisi formulir dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 untuk Kategori Keluarga Masyarakat Pra Sejahtera, atau Rp.250.000 untuk Kategori Keluarga Pejabat // Keluarga Pengusaha Batik// Kelurga Pengusaha Non Batik // Keluarga Staff Perusahaan// Keluarga Akademis// Organisasi.


    1. Peserta boleh mengikutkan lebih dari satu foto keluarga untuk dilombakan, yang masing-masing foto harus didaftarkan kepanitia.


    1. Foto harus memakai batik, baik dalam bentuk sarimbit, seragam kantor// seragam organisasi atau memakai corak batik yang berbeda -beda dalam satu keluarga ( boleh kebaya // gaya moderen // santai ).


    1. Menyerahkan foto keluarga yang akan diperlombakan disertai copy CD. Jika belum memiliki foto untuk dilombakan, bisa hubungi tim fotografer panitia, untuk melakukan pemotretan di kantor - rumah peserta, atau peserta datang kelokasi pemotretan yang sudah ditentukan panitia.


    1. Kategori Dan Formasi Foto Anggota Kelurga Terdiri Dari :

  • Foto Keluarga “Public Figur” (Pejabat - Pengusaha - Selebritis - Tokoh) :

Boleh hanya Pasangan Suami Istri saja// Suami Istri + Anak - Anaknya // Suami Istri + Anak - Anak + Menantu // Suami Istri + Anak + Menantu + Cucu // Siapapun yang diikutkan berfoto.

  • Formasi Foto Keluarga Akademis Dan Lembaga pendidikan :

Rektor + Dosen // Dosennya Saja// Kepala Sekolah + Guru + Staff// Mahasiswa / Muridnya Saja ( untuk mewakili jurusan – kelasnya ).

  • Formasi Foto Keluarga Lingkup Perusahaan :

Owner + Executivnya// Owner + Executive + Staff // Executivenya saja/ Executive + Staff Karyawan // Karyawan - Karyawannya saja.

  • Formasi Foto Keluarga Instansi/ lembaga/ organisasi :

Hanya pengurus organisasi // Pengurus + Anggota // Anggota Saja.

  • Keluarga Masyarakat Pra Sejahtera :

Boleh hanya Pasangan Suami Istri saja// Suami Istri + Anak - Anaknya // Suami Istri + Anak - Anak + Menantu // Suami Istri + Anak + Menantu + Cucu // Siapapun yang diikutkan berfoto. Satu keluarga peserta boleh dibagi menjadi beberapa keluarga, untuk didaftarkan dan diikutkan lomba, dengan formasi baru.



V. FASILITAS PESERTA :


      1. Semua peserta berhak memperebutkan Gelar 99 Keluarga Favorit dari semua kategori, dengan penghargaan khusus yang ditandatangani sejumlah pejabat dan tokoh di Jawa dan Bali ( yang berkenan / mewakili ). Adapun bentuk penghargaannya sebagai berikut :

  • 99 pemenang keluarga favorit untuk masing-masing kategori

    = Tropy + Penghargaan Khusus + Piagam Penganugerahan.

  • Setting desain bernuansakan batik, filosofi kebesaran dan Logo-logo.

  • Jenis Dan Ukuran Piagam :

    = Piagam Penganugerahan Keluaraga Pecinta Batik ( 33 X 40 cm ).

    = Piagam Penghargaan khusus ( 70 X 90 cm ).


      1. Semua peserta menerima Penghargaan “Keluarga Pecinta Batik” yang secara simbolis diwakili oleh para pemenang.


      1. Foto keluarga peserta terdokumentasikan/ termuat dibenner ukuran raksasa atau memanjang ( Rekor MURI ), untuk dijadikan background panggung spektakuler pada acara Penganugerahan “Keluarga Pecinta Batik”, pesta kembang api dan konser musik kolosal.


      1. Foto dan daftar peserta ditayangkan di LCD layar lebar, sebagai media untuk mengetahui klasmen sementara daftar dukungan. Dimana disetiap harinya bisa dilihat secara umum sampai menjelang penghitungan akhir.


      1. 2 lembar ticket seharga @Rp.100.000, untuk menyaksikan acara “Konser Malam Penganugerahan” dengan menampilkan artis dan band Ibu kota.


      1. Untuk menambah gregetnya acara dan menciptakan fenomena “Keluarga Pecinta Batik” dipelosok tempat, seperti fenomena Pilkada. Tiap peserta mendapat 10 lembar poster bergambar photo keluarga masing – masing, untuk dijadikan media kampanye dalam mendapatkan dukungan sms terbanyak.


      1. Masing - masing peserta mendapat 5 kartu perdana dari salah satu perusahaan celluler, untuk dibagikan kepara pendukungnya, jika ingin menambah kartu perdana dapat menghubungi / pesan kepanitia.


      1. Bagi peserta yang rumah atau kantornya berkenan dijadikan Pos Keluarga Pecinta Batik, sekaligus tempat pendaftaran dan Box Ticket. Mendapat bonus @Rp.25.000/ peserta yang mendaftar ditempatnya, dan @Rp. 10.000/ ticket yang membeli ditempatnya, bahkan bisa mendapatkan puluhan juta rupiah, bagi peserta yang turut aktif dalam menggalang sponsor untuk mendukung acara ini.


      1. Pos “ Keluarga Pecinta Batik “ diperlombakan, dan jika waktu memungkinkan, akan diresmikan secara bergilir oleh pejabat, pihak sponsor atau panitia. Pos tersebut berlaku selama pihak pemilik tempat berkenan. Karena akan kami fungsikan untuk kegiatan acara yang berhubungan dengan event batik atau program acara yang kami selenggarakan. Bahkan nantinya kami jadikan “Galery Batik Masuk Kampoeng”, yang berorientasikan pada keuntungan bisnis.



VI. SISTIM PENJURIAN :


  • Pemenang ditentukan berdasarkan 70 % hasil poling SMS terbanyak, dan 30 % berdasarkan foto genic // expresi keharmonisan pilihan 500 juri poling pada detik – detik terakhir/ penutupan polling.

  • Secara mutlak hasil penghitungan tidak dapat diganggu gugat.

  • Bagi yang ingin ikut lomba segera mendaftarkan diri, untuk mendapatkan nomor pilihan poling dan bisa melakukan penggalangan dukungan sms sebanyak-banyaknya.


Comments :

0 comments to “Foto Keluarga Berbatik”


Posting Komentar